Selamat Datang

Jumat, 18 Juni 2010

RESENSI 70 TRIK PINTAR PLUS MANIPULASI PHOTOSHOP

A. Pendahuluan
Foto memiliki banyak makna dan cerita yang terkandung dalam foto tersebut. Orang bisa memberikan komentar serta mengambil kesimpulan tentang sesuatu dari sebuah foto. Tiap orang pasti akan memberikan komentar yang berbeda-beda terhadap hasil foto itu. Satu foto dapat membuat orang memberi kesimpulan bermacam-macam. Ada yang mengatakan bagus, keren, lucu, gokil, atau bahkan juga bisa jelek.
Hampir semua orang tidak menginginkan kalau fotonya itu dikatakan jelek oleh orang lain. Setidaknya mereka pasti mengharapkan komentar yang keren. Hasil foto yang keren tidak hanya didasarkan pada objek, karema, pencahayaan, atau perangkat lainnya saja, akan tetapi ada juga software yang digunakan untuk membuat foto agar menjadi lebih keren hasilnya. Banyak sekali software yang digunakan untuk mengedit foto salah satunya adalah photoshop. Dengan photosop kita bisa memodifikasi serta mengedit foto kita agar hasilnya lebih baik dari sebelumnya.
Dengan keadaan yang seperti itu maka hendaknya kita membaca buku “70 Trik Pintar Plus Manipulasi Photoshop”. Buku ini memandu kita untuk mempelajari photoshop. Dalam buku ini dibahas tip dan trik seputar fitur-fitur penting dalam software pengolah foto. Pada bab terakhir kamu juga akan diajak untuk membuat berbagai macam manipulasi yang akan mengasah kemampuanmu menggunakan photoshop.

B. Kontruksi
“70 Trik Pintar Plus Manipulasi Photoshop” merupakan salah satu buku yang ditulis oleh Catur Hadi Purnomo. Buku yang tebalnya 210 halaman ini berukuran 14 cm x 21 cm. Buku ini adalah cetakan pertama dan diterbitkan oleh Gagas Media Jakarta pada tahun 2010.
Isi dari buku ini terdiri dari delapan bab utama. Yang pertama tentang pengenalan photoshop, kostumisasi dan tampilan, bekerja dengan tool, koreksi foto, bekerja dengan layer, bekerja dengan warna dan efek, koreksi foto, dan yang terakhir adalah manipulasi foto.

C. Isi
Buku dengan judul “70 Trik Pintar Plus Manipulasi Photoshop” ini berisi tentang pengenalan photoshop, kostumisasi dan tampilan, bekerja dengan tool, koreksi foto, bekerja dengan layer, bekerja dengan warna dan efek, koreksi foto, dan manipulasi foto. Sebelum melakukan pengeditan foto akan dikenalkan pada bagian-bagian photoshop terlebih dahulu. Dalam photoshop terdapat lima bagian yaitu toolbox, menu bar, document window, option bar, dan palette.
Dalam kostumisasi dan tampilan mengandung suatu tampilan-tampilan serta pengaturan-pengaturan untuk menghasilkan foto yang bagus. Terdapat cara untuk menampilkan dan mengubah warna grid. Apabila foto itu aslinya berwarna yang tidak terlalu bagus maka akan lebih bagus jika dilakukan tapilan serta pengubahan warna grid. Saat berkreasi memerlukan tampilan objek di dalam kanvas yang berbeda-beda. Kadang kecil, kedang juga ingin diperbesar.
Untuk mengoreksi foto diperlukan suatu pencahayaan. Warna kombinasi juga diatur agar foto itu hasilnya maksimal. Foto biasanya terdiri dari berbagai macam objek di dalamnya. Ada suatu cara untuk mengambil bagian objek tertentu dan menghilangkan objek yang lain. Bingkai foto tidak bisa dipisahkan dari sebuah foto. Selain berfungsi sebagai pembatas, bingkai juga sebagai pemanis sebuah foto. Untuk membuat foto biasamu jadi luar biasa tinggal ikuti saja langkah demi langkah sederhana dalam buku ini.

D. Komentar
Buku yang berjudul “70 Trik Pintar Plus Manipulasi Photoshop” ini sangat menarik untuk dibaca karena di dalamnya terdapat bermacam-macam langkah-langkah untuk memodifikasi foto agar foto terlihat bagus. Dengan melihat cover dari buku ini pembaca akan penasaran dengan isi dari buku. Tampilan awal yang baus ini membuat orang yang melihat akan mudah tertarik untuk membacanya. Bahasa yang digunakan oleh penulis juga sanga mudah dipahami dan dikemas dalam langkah langkah yang menarik sehingga pembaca tidak akan bosan melainkan akan penasaran dengan isi selanjutnya.
Buku dengan tebal 210 halaman ini memberikan kita pengetahuan yang lebih mengenai cara-cara dalam memodifikasi serta memanipulasi foto. Dengan membaca buku ini kita akan bisa dengan mudah mengedit foto yang awalnya biasa saja menjadi foto yang sangat luar biasa. Foto yang dihasilkan akan terlihat lebih cantik. Dengan begitu orang lain akan memberikn komentar yang bagus atas hasil foto kita.
Isi dari buku ini memberikan tampilan yang sangat menarik. Tiap lembar ditampilkan gambar-gambar yang menarik. Cara-cara mengedit foto pun didasari dengan gambar yang memang sangat mempengaruhi pengeditan. Gambar-gambar tersebut menggambarkan setiap topic yang dibahas. Seperti pada bab satu ada gambar tampilan dari toolbox serta menjelaskan tentang kategori-kategori yang ada pada toolbox tersebut.
Setiap langkah dijelaskan dengan pencontohan gambar sehingga secara jelas kita bisa menirukan serta memahami langkah tersebut dengan sangat mudah. Penulis selalu memberikan gambar dalam setiap langkahnya. Kalaupun ada yang belum dimengerti dalam pengeditan foto pembaca akan mudah menyelesaikan masalah tersebut dengan membaca buku ini. Pada bagian akhir buku ini juga memberikan pemahaman kita tentang daftar shortcut agar kita lebih mudah dalam membuka file.
Terdapat sedikit kekurangan dalam buku ini yaitu buku ini hanya menjelaskan secara sekilas. Walaupun disertai gambar, akan tetapi pemahaman serta penjelasan kurang begitu lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar