Selamat Datang

Jumat, 18 Juni 2010

Ketawang ibu pertiwi

Ketawang ibu pertiwi
Gending Ketawang Ibu Pertiwi adalah salah satu gendhing Jawa yang cukup terkenal. Apabila kita benar-benar meresapi nilai estetika yang ada dalam gendhing ini maka kita akan dapat merasakan keindahan dari gendhing ini. Dalam gendhing Ketawang Ibu Pertiwi liriknya dinyanyikan oleh sinden yang memiliki suara sangat merdu. Mereka menyanyikannya dengan sangat indah sesuai dengan irama musik yang mengiringinya. Gendhing ini diperindah lagi dengan komposisi beberapa alat musik gamelan.

Isi dari Gendhing ketawang ibu pertiwi sebagai berikut :
Ibu Pertiwi…
Paring boga lan sandhang kang murakabi
Peparing rejeki manungsa kang yekti
Ibu Pertiwi…
Mrih sutresna mring sesami
Ibu Pertiwi…
Kang maelu urip yekti
Karya sutresna ibu pertiwi.
Makna yang terkandung dari gendhing Ketawang Ibu Pertiwi bahwa bumi pertiwi telah mencukupi kebutuhan kita seperti sandang dan pangan. Selalu memberikan riski kepada manusia yang berbakti. Bumi pertiwi memberikan rasa sayang kepada semua makhluk yang ada di dunia ini. Dan yang terakhir adalah bumi pertiwi selalu memperhatikan kehidupan ini. Itu semua adalah bukti cinta dari bumi pertiwi ini.
Gendhing Ketawang Ibu Pertiwi seakan memberi peringatan kepada kita semua agar selalu mengingat asal mula kita hidup, bagaimana Bumi pertiwi selalu memberikan apa saja yang kita butuhkan dengan ketulusannya. Namun terkadang sebagai manusia kita terkadang lupa untuk mensyukuri apa yang telah kita dapatkan. Maka dari itu kita hendaknya bersama-sama menjaga kelestarian bumi pertiwi kita supaya tetap terjaga dari kerusakan.

Alat musik yang digunakan dalam gendhing Ketawang Ibu Pertiwi :
1. Suling
2. Sitter
3. Rebab
4. Bonang
5. Slenthem
6. Kethuk
7. Kendhang
8. Gong
9. Demung
10. Saron
11. Peking
12. Kempul
13. dan Kenong.

Alat-alat musik itu dimainkan dengan selaras dan tempo yang pelan sehingga lagu ini sangat merdu untuk didengarkan. Orang yang mendengarkan lagu ini akan dapat merasakan suatu kedamaian yang sekarang ini sudah sangat sulit untuk didapatkan. Ditambah dengan perpaduan suara gamelan yang bersaut-sautan menjadi sebuah harmoni yang indah. Gendhing ini cocok untuk suasana yang sedih dan hening.

1 komentar:

  1. Mantaabbb!!!
    ternyata masih ada jg anak muda yg suka dg gending2 budaya jawi. Pas aku dengering Gending ibu pertiwi iseng2 aku browsing cari lirik eh dapat disini... thanks ya,,,
    28421152

    BalasHapus